Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman All - Kompas.com Minuman Segar Buah Pala

Allow, selamat sore, artikel ini akan menatangkan tentang minuman segar buah pala Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com menyimak memerhatikan selengkapnya 

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

BOGOR, KOMPAS.com — Jika Anda bertanya penjual minuman tradisional tertua apa yang masih sedia di Bogor, mungkin ini alpa satu jawabannya, Es Pala. Bermula dari warsa 1950-an, cita rasanya masih diakui hingga era ini oleh lintas generasi.

Cuaca di perkotaan membuat kesegaran yang tertuang dari segelas es pala berkhasiat ini ternyata tak lekang bagi zaman. Terhitung sudah tiga generasi yang melakoni kuliner tradisional ini.

Ata, seorang bapak berusia kepala lima yang merupakan angkatan kedua, kini sedang mewariskan resep “Es Pala Pak Ujang” yang terkenal enak.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

“Dari tarikh '50-an, pas masih ramai di aku ada bioskop lapangan olahraga segala macam. Dari orang tua dioper ke saya, dengan mulai tarikh '70 menetap di perempatan Gang Aut ini,” perkataan Ata kepada KompasTravel era dikunjungi ke tenda sederhananya, Selasa (24/5/2016).

Kedai tendanya sangat sederhana tetapi strategis, yaitu persis di perempatan Gang Aut Jalan Suryakencana. Pada siang hari yang terik bangsal ini tak pernah puasa cacah esnya, siap saja yang beli untuk makan di tempat atau hanya dibawa pulang selepas kerja.

Ketika KompasTravel berkunjung, segerombolan ibu-ibu berpakaian instansi rapi pun berdatangan, alih-alih mereka ialah utusan salah satu dinas di Kabupaten Bogor yang memesan 3.000 alokasi untuk hari jadi ke-534 Kota Bogor.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Ata mengatakan, es palanya kerap diundang ke beragam acara, seperti wisuda, rapat, pernikahan, hingga menyajikan wisatawan.

“Es pala ini sampai dibeli resepnya sama orang Sukabumi Rp 10 juta buat bikin di sana, terus buka juga di Lombok. Kebetulan siap yang tertarik jualan buat turis, diraciknya di sini,” perkataan Ata.

Ia menerangkan, dari beragam jenis pala, minumannya ini hanya memanfaatkan pala utan, teksturnya yang relatif lembut, dengan sarinya lebih segar andaikan dibuat minuman.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Pala yang sudah diserut kemudian dimasukkan ke racikan cairan maltos miliknya bercampur es bongkah datang sangat menggoda pada siang hari. Saat KompasTravel mencoba kecut khas dari buah pala tersebut amat terasa, bercampur manisnya maltos alami racikannya.

Penasaran dengan pala dan gula yang dia gunakan, KompasTravel pun menanyakan proses pembuatannya.

KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kesegaran es pala di Jalan Suryakencana Bogor, yang bertahan sejak warsa 1956.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Ata menerangkan, dalam pembuatannya, kulit pala tak dikupas karena akan menghilangkan khasiatnya. Setelah dicuci bersih pala tersebut diserut kemudian direndam cairan garam agar getahnya keluar.

“Terakhir diperas dari cairan garam, lalu dijemur biar sari, rasa, dengan wanginya muncul,” ujarnya.

Saat dijual, beliau menyajikannya dengan cairan maltos racikannya. Ata mengatakan, cairan maltos ini merupakan cacat satu kuncinya. Gula pasir diolah memanfaatkan air, direbus selama 2,5-3 jam dengan racikan sira dengan telur ayam agar terasa gurih dengan bersih, tetapi tidak mengganggu faedah pala.

“Dijamin aman tak sakit perut atau tenggorokan, gulanya tergarap tak sembarang pakai,” tuturnya. Resep tersebut pun pernah turun-temurun dilakukan akibat orangtua sang pelopor usaha tersebut.

Tribunnewsbogor/Vivi Febrianti Es pala di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Ata mengungkapkan pernah didatangi oleh Rumah Sait PMI Bogor dengan peneliti dari Institut Pertanian Bogor untuk diteliti kandungan minumannya.

Hasilnya guna buah pala tidak berubah, dan menurut akibatnya bisa menyembuhkan gatal tenggorokan, kurang tidur, obat macam-macam penyakit lambung, hingga kurang nafsu kurang nafsu makan. “Sertifikat sama surat-suratnya sedia di rumah,” ujarnya meyakinkan.

Anda dapat mencoba langsung khasiatnya ke tenda sederhana “Es Pala Pak Ujang”, tepat di perempatan awal masuk Gang Aut. Lapaknya buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Harga satu gelas es pala segar Rp 5.000. Duh... benar-benar segar....

begitulah penjelasan melanda Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com semoga esai ini memajukan wawasan peroleh sambut kasih

tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 19-07-2019, di kutip dari https://travel.kompas.com/read/2016/05/25/151000227/bertahan.setengah.abad.es.pala.bogor.ini.tetap.diburu.wisatawan?page=all

Comments

Popular posts from this blog

Bata (perusahaan) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas Produksi Sendal Sepatu

6 Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula - Fastwork.id Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

6 Esensi Desain Grafis Yang Harus Dipahami Oleh Desainer Pemula Belajar Desain Grafis Untuk Pemula