Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman All - Kompas.com Minuman Segar Buah Pala

Hi, bertemu kembali, di kesempatan akan menjelaskan mengenai minuman segar buah pala Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com simak selengkapnya 

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

BOGOR, KOMPAS.com — Jika Anda bertanya penjual minuman konservatif tertua segala apa yang masih ada di Bogor, mungkin ini salah eka jawabannya, Es Pala. Bermula dari tahun 1950-an, cita rasanya lagi diakui batas saat ini oleh lintas generasi.

Cuaca di perkotaan membuat kesegaran yang tertuang dari segelas es pala berkhasiat ini ternyata tak lekang oleh zaman. Terhitung sudah tiga angkatan yang melakoni kuliner konvensional kuno ini.

Ata, seorang bapak berusia kepala lima yang melambangkan angkatan kedua, kini sedang mewariskan resep “Es Pala Pak Ujang” yang terkenal enak.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

“Dari warsa '50-an, pas sedang ramai di sini ada bioskop lapangan gerak badan segala macam. Dari orang tua dioper ke saya, dengan mulai tarikh '70 menetap di percabangan Gang Aut ini,” ujar Ata kepada KompasTravel saat dikunjungi ke tenda sederhananya, Selasa (24/5/2016).

Kedai tendanya sangat elementer tetapi strategis, adalah persis di percabangan Gang Aut Jalan Suryakencana. Pada siang hari yang terik barung-barung ini tak pernah puasa membelah esnya, ada sahaja yang beli untuk makan di ruang atau hanya dibawa pulang selepas kerja.

Ketika KompasTravel berkunjung, segerombolan ibu-ibu berpakaian dinas rapi pun berdatangan, ternyata mereka adalah utusan salah eka biro di Kabupaten Bogor yang memesan 3.000 porsi untuk hari jadi ke-534 Kota Bogor.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Ata mengatakan, es palanya kerap diundang ke berbagai acara, seperti wisuda, rapat, pernikahan, batas menjamu wisatawan.

“Es pala ini berbatas dibeli resepnya sama orang Sukabumi Rp 10 miliun buat bikin di sana, terus buka juga di Lombok. Kebetulan ada yang tertarik jualan buat turis, diraciknya di sini,” ujar Ata.

Ia menerangkan, dari berbagai jenis pala, minumannya ini hanya menggunakan pala utan, teksturnya yang relatif lembut, dengan sarinya lebih segar jika dibuat minuman.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Pala yang sudah diserut kemudian dimasukkan ke racikan cairan gula miliknya bercampur es batu terlihat sangat menggoda pada siang hari. Saat KompasTravel berupaya asam khas dari buah pala tersebut banyak terasa, bercampur manisnya sakaros alami racikannya.

Penasaran dengan pala dengan maltos yang ia gunakan, KompasTravel pun meminang proses pembuatannya.

KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kesegaran es pala di Jalan Suryakencana Bogor, yang bertahan sejak warsa 1956.

Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com

Ata menerangkan, dalam pembuatannya, kulit pala tak dikupas karena akan membebaskan khasiatnya. Setelah dicuci bersih pala tersebut diserut kemudian direndam larutan jerut agar getahnya keluar.

“Terakhir diperas dari cairan garam, lalu dijemur biar sari, rasa, dengan wanginya muncul,” ujarnya.

Saat dijual, ia menyajikannya dengan air maltos racikannya. Ata mengatakan, air gula ini melahirkan salah satu kuncinya. Gula pasir diolah menggunakan air, direbus selama 2,5-3 jam dengan racikan sira dan telur mandung mudah-mudahan terasa gurih dan bersih, melainkan tidak mengganggu khasiat pala.

“Dijamin aman tidak sakit perut atau tenggorokan, gulanya diolah tidak sembarang pakai,” tuturnya. Resep tersebut pula sudah bebuyutan dilakukan oleh orangtua sang pelopor usaha tersebut.

Tribunnewsbogor/Vivi Febrianti Es pala di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Ata melahirkan pernah didatangi oleh Rumah Sait PMI Bogor dan peneliti dari Institut Pertanian Bogor buat diteliti kandungan minumannya.

Hasilnya faedah buah pala tidak berubah, dengan menurut hasilnya bisa mengobati gatal tenggorokan, rendah tidur, obat macam-macam penyakit lambung, engat kurang nafsu kurang nafsu makan. “Sertifikat sama surat-suratnya sedia di rumah,” ujarnya meyakinkan.

Anda dapat mencoba langsung khasiatnya ke tenda elementer “Es Pala Pak Ujang”, tepat di silang empat awal masuk Gang Aut. Lapaknya buka dari pukul 09.00 engat pukul 16.00. Harga ahad gelas es pala segar Rp 5.000. Duh... benar-benar segar....

begitulah penjelasan ahwal Bertahan Setengah Abad, Es Pala Bogor Ini Tetap Diburu Wisatawan Halaman all - Kompas.com semoga info ini menambah wawasan salam

tulisan ini diposting pada tag , tanggal 19-07-2019, di kutip dari https://travel.kompas.com/read/2016/05/25/151000227/bertahan.setengah.abad.es.pala.bogor.ini.tetap.diburu.wisatawan?page=all

Comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bata (perusahaan) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas Produksi Sendal Sepatu

6 Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula - Fastwork.id Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

6 Esensi Desain Grafis Yang Harus Dipahami Oleh Desainer Pemula Belajar Desain Grafis Untuk Pemula