Curug Nangka, Air Terjun Di Bogor Yang Indah Wisata Curug Luhur

Hallo, bertemu kembali, artikel ini bakal menjelaskan tentang wisata curug luhur Curug Nangka, Air Terjun Di Bogor Yang Indah simak selengkapnya 

Bogor merupakan kota yang amat eksotis dan menarik. Suhunya yang sejuk dengan teduh, membuat semua anak buah betah berlama-lama disini. Apalagi ruang ini memiliki pesona yang tidak bisa didustakan. Mengunjungi alam wisata yang masih asri dengan alamiah memang amat menyenangkan.

Curug Nangka merupakan salah eka solusinya. Air terjun ini memang mempunyai jamal yang luar biasa. Tambah menarik lagi dengan tantangan yang harus dilewati mulai dari awal hingga akhir perjalanan. Pesonanya memang dikhususkan bagi mereka yang mempunyai jiwa petualangan tinggi.

Curug Nangka Fresh 1
Image via: www.instagram.com/yvonnevisse

Simak: review Taman Buah Mekarsari

Bogor memang memiliki banyak banget air terjun. Selain Curug Nangka, terdapat juga Curug Cigamea, Curug Luhur, Curug Cilember, dengan lain sebagainya.

Tentang Curug Nangka

Inilah dia, ruang terindah yang ada di bogor. Tepatnya berada di lereng Gunung Salak. Curug Nangka namanya. Nama yang diambil dari pepohonan kebabal yang ada disekitar kawasan. Jadi, konon katanya dahulu di dekat cairan terjun terdapat buah nangka muda yang tidak pernah habis. Tidak ada yang tahu dari mana nangka muda tersebut berasal.

Seiring berjalannya waktu pohon ini pun hilang anu kemana, Tetapi warga tetap menyebutnya dengan nama Curug Nangka. Tempat ini berada di ketinggian 750 mdpl, sehingga mempunyai suhu yang layak sejuk dan bidang yang sangat asri. Berada di alun-alun ini rasanya sangat tenang sekali.

Curug Nangka River 1
Image via: www.instagram.com/hardi_maru

Lihat juga: tempat wisata di Bogor yang populer

Daya Pikat Curug Nangka

Curug Nangka mempunyai ketinggian rendah bertambah 25 meter. Debit airnya selalu mengalir dan tak bakal pernah amblas walau berada di musim kemarau banget pun. Ada beberapa vegetasi yang hidup di kawasan ini sehingga memajukan pemandangan asri. Selain itu, ada bengawan kecil yang harus dilalui bila ingin mencapai kawasan ini.

Sungai ini adalah jalan satu-satunya menuju ke curug. Airnya memadai tenang dan teduh, sehingga mudah buat dilalui. Tidak terlalu jauh dari Curug Nangka, ada dua curug lagi yang jaraknya minim bertambah 1 km. Namanya ialah Curug Kawung dan Curug Daun, dimana keduanya memiiki debit yang kian kecil sehingga kurang berkesan untuk dijadikan spot foto.

Menuju ke ruang ini benar membutuhkan daya khusus. Lantaran sahabat ikhwan native harus menaklukkan rasa lelah berjalan asing dari akses masuk menuju ke alun-alun curug. Tetapi rasa lelah bakal terbiaskan dengan kecantikan curug yang begitu luar biasa. Selain itu, bendu native jua hendak ditemani dengan hewan bidang liar yaitu kera.

Berbicara mengenai kera, sepertinya sahabat ikhwan native harus sedikit berhati-hati karena hewan yang eka ini layak nakal dengan beraninya keroyokan. Jadi era matanya melirik makanan, kera ini bakal memburu kalakian mengambil barang saya dengan paksa. Jika sobat native melawan, bakal ada banyak lera lain yang membantu.

Jadi kian ayu tak usah membawa apa pun biar terhindar dari kera nakal ini. Tidak hanya kera saja, suara burung pun kadang hendak terdengar berkicau dan membentuk sebuah lagu nan apik. Jadi jangan sampai terlewatkan buat menikmati alun-alun ini ya.

Curug Nangka Fresh
Image via: www.instagram.com/mrizkip69

Baca juga: review Curug Ciherang

Cerita Mistis di Curug Nangka

Keindahan Curug Nangka tentu menghadirkan sebuah cerita mistis tersendiri. Oleh karena itu, sebelum menaiki curug nangka sobat native hendak diperingatkan buat tak aneh-aneh di alun-alun ini karena bisa-bisa hantu Curug Nangka tak terima kalakian menghantui bendu native sepanjang oerjalanan.

Nah, ada kepercayaan hebat yang ada mengiringi alam ini. Apabila bendu native tidak jatuh selama perjalanan mengabah ke curug, berarti itu pertanda baik bahwa sahabat ikhwan native adalah pecinta bidang sejati yang akan selalu melestarikan alam. Nah, alokasi yang terjatuh atau bahkan sampai ampuh air, jangan khawatir karena bukan berarti sobat tidak baik. Hanya mungkin rendah beruntung saja.

Misteri selanjutnya ialah keberadaan batu karang yang dialiri dengan air dan imbas-imbas dengan anjing bulldog. Konon cerita menurut kuncen curug, batu karang ini adalah tumang yang tidak lain tidak bukan merupakan ayah dari legenda sangkuriang yang amat terkenal di tanah Sunda.

Curug Nangka Forest
Image via: www.instagram.com/hardi_maru

Baca juga: review Curug Cilember

Tips Berkunjung

Sudah tahu bagaimana keseruan alam ini bukan? Saatnya bendu native membaca beberapa tips yang akan membuat perjalanan sahabat ikhwan native aman, nyaman dengan menyenangkan, karena banyak yang bilang mengunjungi kawasan ini amat sulit dan berat. Sebenarnya tidak, hanya saja membayangkan belum tahu tips yang baik.

Baiklah dari pada berlama-lama marilah saya mulai dari angka satu. Pertama, sahabat ikhwan native harus benar-benar dalam kondisi fit dan siap buat melakukan trekking. Menuju ke curug sama saja ke atas gunung dengan memerlukan fisik yang kuat. Bagi yang merasa tak kuat alangkah baiknnya untuk tak melaksanakan perjalanan. Bagi membayangkan yang mempunyai penyakit asma dengan jantung, bakal amat berbahaya bila anda melancarkan pendakian dalam keadaan kurang apik dengan fit.

Kedua, jangan lupa buat membawa baju ganti. Berjalan cukup jauh pasti bakal menguras keringat dan pasti bakal membuat baju bendu native basah. Selain itu, di area ini juga ada batang air yang ambai sehingga membawa baju ganti hendak lebih ayu dan membuat sobat native merasa nyaman.

Terakhir, lihatlah cuaca pada hari itu. Bila rendah kondusif dengan mendung yang amat gelap dan berpotensi hujan. Lebih apik mengurungkan niat buat pergi ke curug. Dan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, karena tempat ini rendah ramah buat warung-warung yang mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan.

Curug Nangka Sign
Image via: www.instagram.com/ri_munyil

Lihat juga: info seputar Curug Bidadari

Alamat dengan Rute Lokasi

Alamat lokasi Curug Nangka berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Menuju ke curug ini disarankan menggunakan transportasi umum. Jika, bendu native berakar dari luar Bogor. Sobat Native bisa naik KRL menuju ke arah Bogor. Setelah sampai di stasiun, lanjutkan perjalanan mengabah ke Bogor Trade Mall yang berada tepat di depan basis dengan menggunakan jembatan penyeberangan.

Lanjutkan perjalanan menggunakan angkot nomor 03 mengarah Ciapus. Jarak tempuh dari Bogor Trade Mall menuju ke Ciapus merupakan 30 – 45 menit, dengan jarak tempuh rendah bertambah 10 km dengan harga yang harus dibayar adalah 10 mili rupiah. Turun di pertigaan Ciapus.

Selanjutnya, sobat native bisa menggunakan angkutan BFC berwarna Biru mengabah ke Curug Nangka. Turun di pertigaan depan The Highland Park Resort. Nah, setelah itu sahabat ikhwan native bisa kembali menggunakan angkot berwarna baru menuju ke Curug Nangka dengan tarif 15 mili rupiah.

Curug Kaung
Image via: www.instagram.com/ervan_billydiansyah

Simak: info seputar Taman Safari Bogor

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati kawasan ini sahabat ikhwan native akan dikenakan biaya di loket pertama sejumlah 7.500 mata uang dan di loket kedua sebanyak 12.500 rupiah. Sehingga total yang harus dibayar merupakan 20,000. Harga yang murah buat aji-aji yang hendak dinikmati di alun-alun ini. Apabila ditambah dengan biaya transportasi alkisah sahabat ikhwan native setidaknya mengeluarkan uang sebesar 50 ribu rupiah.

Video Curug Nangka

Simak juga: berita wisata Curug Luhur

Curug Nangka ialah alun-alun yang sangat indah, pesonanya becus membius setiap sobat native yang datang ke area ini. Memang segala yang indah itu harus ditempuh dengan sesuatu yang berat.

Jadi, jangan pantang menyerah untuk bisa mencapai alam ini karena Curug Nangka bakal selalu menunggu kedatanganmu.

Curug Nangka, Air Terjun Di Bogor Yang Indah

4.3 (85%) 4 vote[s]



Sekian pembahasan perihal Curug Nangka, Air Terjun Di Bogor Yang Indah semoga berita ini memajukan wawasan salam

tulisan ini diposting pada etiket wisata curug luhur, wisata dekat curug luhur, wisata alam curug luhur, , tanggal 19-07-2019, di cuplik dari https://www.nativeindonesia.com/curug-nangka/

Comments

Popular posts from this blog

Bata (perusahaan) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas Produksi Sendal Sepatu

6 Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula - Fastwork.id Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

6 Esensi Desain Grafis Yang Harus Dipahami Oleh Desainer Pemula Belajar Desain Grafis Untuk Pemula